Mafia39 Slot Demo : Indonesia Bakal Punya 'Kebun Matahari' Terbesar di ASEAN, Diresmikan Presiden RI Bulan Oktober
Berita Asik, Berita keren, Berita Tequini, Teknologi

Mafia39 Slot Demo : Indonesia Bakal Punya ‘Kebun Matahari’ Terbesar di ASEAN, Diresmikan Presiden RI Bulan Oktober

Mafia39 Slot Demo : Nah, kabar gembira nih datang dari Gubernur Jawa Barat, Kang Emil! Dia bilang kalo Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung alias ‘kebun matahari’ di Waduk Cirata bakal diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bulan Oktober nanti. Ini PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara, loh!

Kang Emil ngebongkar kalo proyek canggih ini hasil kerja bareng antara PLN sama perusahaan asal Abu Dhabi Uni Emirate Arab, Masdar. Nah, gede banget nih, nilai investasinya mencapai Rp 1,7 triliun!

“Ini dia, proyek solar panel terbesar di ASEAN! PLTS paling canggih, duet PLN sama Masdar dari Abu Dhabi. Duitnya sampe Rp 1,7 triliun lho,” tulisnya di akun Instagramnya @ridwankamil, Jumat (11/8/2023).

Proyek ini bakal bisa hasilin listrik sampe 145 MW, dengan luasan panel surya gede banget, 9 hektare di atas Waduk Cirata. Kang Emil juga cerita, ada 900 lebih warga lokal yang ikut andil dalam proyek hebat ini.

Mafia39 Slot Demo : Indonesia Bakal Punya ‘Kebun Matahari’ Terbesar di ASEAN, Diresmikan Presiden RI Bulan Oktober

“Ada Ms Fatimah Al Suwaidi @f_almadhloum, bos besar dari Masdar Indonesia yang pimpin proyek pembangkitan listrik 145 MW, dengan panel surya luas 9 Ha yang apung di Waduk Cirata, Jawa Barat. Ada juga 900-an warga lokal yang berjibaku di proyek super keren ini,” bebernya.

Nggak cuma itu aja, dia juga ngasih tau kalo 36% listrik di Jawa Barat berasal dari sumber energi terbarukan, kayak air, matahari, angin, dan panas bumi. Padahal, kalo di tingkat nasional baru 13%. Makanya, dia kasih tau kalo di Jawa Barat bakal fokus banget ke sumber energi terbarukan, biar bisa lawan pemanasan global.

Dan ini dia yang bikin keren, Masdar jadi partner PLN lewat sistem tender atau lelang. Harga listrik yang ditawarin Masdar buat proyek PLTS terapung Cirata ini cukup murah, cuma US$ 5,8 sen per kWh. Wow, seru banget, kan?


Sumber: https://finance.detik.com/energi/d-6871076/ri-bakal-punya-kebun-matahari-terbesar-di-asean-diresmikan-jokowi-oktober?mtype=mpc.w.x-boxccxmpcxmp-modelB

Kunjungi Novel Mafia39 lengkap kamu bisa cek di mafia39 linktree atau kunjuni blog kami di Blog Mafia39 dan wp mafia39 website official https://mafia39.top/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *